Ajang F1 Rio Haryanto terancam berhenti

Kabar buruk menghampiri kubu Rio Haryanto, pebalap pertama Indonesia di lomba balap Formula 1 (F1). Diberitakan Liputan6.com, Senin (25/4/2016), Manor Racing --tim yang menampung Rio-- mulai menagih uang sisa setoran untuk melakoni balapan semusim penuh.

F1 musim 2016 sudah berlangsung tiga kali. Yakni; di Australia, Bahrain, dan Tiongkok. Akhir pekan ini (29 April - 1 Mei), balapan berlanjut di Sochi, Rusia. Dan hingga akhir November masih ada 17 balapan lagi. Adapun Rio dikontrak Manor selama satu musim atau untuk melakoni total 21 balapan musim ini. Namun dengan status "pay driver," pebalap berusia 23 itu harus menyetor EUR15 juta (Rp222 miliar).

Sejauh ini, Rio sudah membayar sebesar EUR3 juta dari kantong pribadi keluarga. Sedangkan Pertamina sebagai sponsor utama Rio, sudah membayar ERU5 juta. Artinya, kubu Rio masih berutang EUR7 juta (Rp103 miliar) dan inilah yang ditagih Manor.
Dan seperti pernah disampaikan pada awal musim silam, pembayaran sisa dilakukan setelah tiga balapan. "...jadwal pembayaran ke Manor sudah jatuh tempo," kata Indah Pennywati, ibunda Rio, kepada Liputan6.com.

Manajemen Rio sejauh ini masih berusaha meski waktunya sudah mendesak. Namun saat dihubungi Beritagar.id, Senin (25/4), Indah mengatakan belum ada sponsor tambahan.
Artinya bila situasi ini belum berubah dan Manor tidak kunjung mendapat konfirmasi, Rio hanya bisa menjalani separuh musim. "11 balapan, kalau kita tidak bisa kasih konfirmasi yang berikutnya," ujar Indah lewat layanan pesan singkat. 11 balapan berarti Rio hanya bisa sampai balapan di GP Kanada pada 10-12 Juni mendatang.

Sebenarnya, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga telah mengundang masyarakat untuk ikut menyumbang bantuan bagi Rio. Bentuknya adalah mengirim pesan singkat (SMS) dengan format "RIO" ke nomor 7788.
Program yang bekerja sama dengan Telkomsel, Indosat, Smartfreen, XL Axiata, dan Tri ini biayanya Rp5.000 per SMS. Adapun program berlangsung hingga 16 Mei 2016.
Namun Rio dalam satu kicauan Twitter menyebut program itu berakhir pada 17 Juli 2016 dan hingga kini belum diketahui berapa dana donasi yang sudah terkumpul.
Bagi masyarakat Indonesia yg ingin mendukung saya bersama Merah Putih di F1 mohon ketik RIO ke 7788 s/d 17/07/16 ☺ pic.twitter.com/ubKeMQeoXy
— Rio Haryanto (@RHaryantoracing) April 17, 2016
Previous
Next Post »